6 Tips Untuk Menjadi Founder StartUp Sukses

Banyak orang yang beranggapan bahwa kesuksesan sebuah startup sebagai hal yang biasa. Namun jika kita melihat secara lebih dekat, kamu akan mendapatkan factor lain. Salah satunya adalah, sebuah pemikiran yang diciptakan oleh para startup dan hal ini sangat berpengaruh pada tingkat keberhasilan sang startup. 

6 Tips Untuk Menjadi Founder StartUp Sukses

1. Tidak Ada Kata Ragu
Membuat perencanaan dengan baik dan benar memang satu hal yang akan berdampak baik, namun tetaplah pada posisi waspada karena tidak semua dapat diprediksi. Seringnya, para startup tidak memikirkan matang - matang saat menemukan masalah. Mereka melakukannya dengan cara langsung bertindak ddemi menemukan solusi terbaik dan terus memperbaiki sampai akhirnya bisa diperkenalkan ke publik.

Cara sederhananya, kamu bisa menghabiskan waktu lebih sedikit untuk memikirkan beberapa rencana dan menggunakan lebih banyak waktu untuk melakukan solusi. Jika kamu belum yakin, jangan sesekali takut salah dalam bertindak dan perbaiki apa yang kurang dalam aksi yang telah kamu lakukan. Karena mengevaluasi dan menganalisa kesalahan diri sendiri akan lebih mudah dilakukan saat sudah melakukan tindakan yang tepat.

2. Uang Adalah Sumber Kegagalan
Cobalah sesekali kamu memandang uang sebagai sumber kegagalan, ini tujuannya untuk menguji diri kamu sendiri tentang cara mengelola uang dengan hati – hati. Kebanyakan bisnis hanya membutuhkan sedikit uang untuk memulainya. Dan startup yang memiliki dana terbatas merasa sangat beruntung. Beberapa VC malah percaya besarnya pendanaan berpengaruh terbalik terhadap kesuksesan sebuah startup. Cara paling mudah membuktikan hal ini adalah melihat banyaknya startup yang beroperasi secara bootstrap namun berhasil eksis dalam waktu yang lama.

Kesuksesan dengan cara mengeluarkan banyak uang berlangsung dalam waktu sekejap. Dengan uang yang terbatas, kamu sebagai founder akan bekerja lebih keras dan memetik hasil dari pemecahan beragam masalah yang timbul ketimbang kemudahan membuang - buang uang.

3. Fokus Pada Keinginan Konsumen
bisakah kamu menahan diri untuk tidak berkeinginan berbelanja dan memenuhi ruang kerjamu dengan prabotan yang kamu idamkan? Sebelum kamu menghabiskan uang untuk itu, coba kamu pikirkan hal ini terlebih dahulu. Apakah hal tersebut bisa menarik perhatian konsumen? Harus kamu ketahui, bahwa para konsumen startup tidak akan memandang tempat kerjamu, akan tetapi ia lebih fokus kepada layanan yang telah kamu tawarkan. sarannya adalah, simpan terlebih dahulu keinginanmu dan cobalah untuk mulai fokuskan diri pada konsumen. Karena semakin kamu mendengarkan mereka, semakin banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan. Ingatlah bahwa sebuah kesuksesan tidak ditandai dari bagus atau tidaknya prabotan kantor. Kesuksesan itu dilihat dari banyak atau tidaknya keuntungan yang kamu dapatkan.
Lokasi

Tahukah kamu 80% lokasi bisnis  tidak menentukan kesuksesan. Dimanapun lokasi bisnis kamu berada, selalu pastikan untuk memiliki layanan yang dibutuhkan konsumen. Konsumen akan terus berdatangan bila kamu fokus membuat sesuatu hal yang dibutuhkan oleh pasar.

4. Waktu untuk Produk
Cobalah menghabiskan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan produk. Setiap startup memiliki mimpi untuk meraup pasar potensial. Semuanya akan terwujud jika tim di dalamnya sama-sama bekerja keras untuk mencapai impian. Fokuslah pada hal yang diinginkan konsumen, hal ini akan mempermudah kamu untuk mendapat rekomendasi baik dari konsumen. Dengan hal ini, kamu dapat menjaring lebih banyak konsumen lainnya.

5. Katakan  Tidak Pada Mengeluh
Jangan mengeluh dan teruslah berusaha untuk mencapai kesuksesan. Tidak perlu banyak orang untuk melihat seberapa keras kamu bekerja. Kesempurnaan hidup akan diraih saat kamu sudah memberikan yang terbaik saat sudah memberikan pelayanan terbaik pada konsumen, vendor, mitra kerja, dan juga lainnya. Banyak tokoh sukses yang tidak peduli banyaknya waktu yang dihabiskan untuk bekerja, karena dari hal ini mereka berpikir untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Waktu kamu akan banyak terbuang jika hanya menginginkan besarnya keuntungan tanpa dibarengi dengan kerja keras. Tidak ada orang yang dapat menentukan kesuksesan diri sendiri kecuali dirimu sendiri.

6. Membuang Waktu Percuma

Jangan sesekali kamu korbankan waktu terbuang sia – sia hanya untuk hal-hal yang berpotensi merugikan. Tanamkan pada pikiran kamu, untuk melakukan hal yang dapat memancing keuntungan bagi startup. Jangan membuang waktu untuk melakukan hal seperti membuat laporan tidak berguna dan membuang uang di lapangan golf dengan harapan dapat melakukan networking. Persempit waktu kamu untuk tugas administratif dan fokus melakukan hal-hal yang berpotensi menambah keuntungan.

Ingatlah kamu dapat melakukan apapun yang diinginkan, asalkan bisa memberi keuntungan bagi startup. Bila ternyata tidak meraih keuntungan, jangan habiskan lebih banyak waktu untuk hal semacam itu.


Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "6 Tips Untuk Menjadi Founder StartUp Sukses"

Posting Komentar