Kebiasaan Sederhana yang Bisa Menuntun Anda untuk Sukses

Pernahkah Anda mengira bahwa sukses itu tidak didapat melalui keberuntungan?
Bila Anda bercermin kepada mereka yang dulunya biasa saja lalu tiba-tiba menjadi orang terpandang, pasti jawabannya TIDAK.
Mereka tetap mengupayakan yang terbaik dalam hidupnya.
Dan mereka yang terlihat lebih cepat menaikkan taraf hidupnya, hanyalah sebagian kecil.
Masihkah Anda berpikir untuk meraih sukses dengan cara instan?
Sebelum kita berbicara lebih jauh, mari kita definisikan dulu apa arti sukses.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sukses didefinisikan sebagai:  
sukses/suk·ses/ /suksés/ a berhasil; beruntung
Tentu berhasil atau beruntung cakupannya lebih luas lagi.
Dalam hal ini, mari kita sepakat terlebih dulu bahwa sukses adalah berhasil dalam memperoleh materi, kedudukan, dan jabatan.
Semua hal yang sangat diidamkan oleh banyak orang.
Bila Anda ingin meraihnya, mari kita sepakat juga bahwa waktu yang ditempuh tidak cepat, daya yang dikerahkan tidak sedikit, dan dimulai dari KEBIASAAN HIDUP.
Setuju?


Saya ingin bertanya dulu. Bergelut di bidang apakah Anda ini?
Apakah Anda pekerja, pebisnis, atau seorang freelancer?
Ternyata, untuk meraih sukses dalam bidang yang Anda geluti, apapun itu, caranya adalah sama. Simak kebiasaan sederhana yang bisa menuntun Anda untuk sukses berikut ini.

1. Manajemen Waktu yang Baik

Sumber gambar: http://internal.sekap.net
 
Sebagai aset terbesar dalam hidup kita, waktu amatlah berharga. Keberadaannya tidak bisa diulang maupun dipercepat ataupun diulang. Oleh karenanya, waktu yang kita punya harus dimanfaatkan semaksimal mungkin, jangan sampai ada yang terbuag sia-sia yang berujung penyesalan. Pengelolaan waktu yang baik merupakan ciri khas utama dari pekerja yang dihargai atasan, pebisnis yang selalu bisa menggoalkan target tepat waktu, dan freelancer yang bisa memuaskan para client.

2. Tidak Menunda Tugas

Sumber gambar: www.piknikdong.com

Bukan sering lagi kita menunda-nunda tugas. Bahkan sudah menjadi rutinitas yang tidak kita sadari selalu kita lakukan. Cukup sulit memang menjaga semangat untuk tetap di puncak agar selalu mampu menyelesaikan kewajiban sesuai target. Anda dapat melakukan apapaun yang bisa membuat Anda bersemangat. Yang mengenal diri Anda adalah Anda sendiri, carilah caranya.

Untuk memotivasi agar Anda tidak menunda waktu adalah membayangkan kesuksesan yang Anda impi-impikan. Apa yang Anda lakukan dan bagaimana perasaan Anda bila berada di tahap tersebut. Sadari untuk mendapat semua itu, ada tahap yang harus Anda lalui berupa segera menunaikan kewajiban.

3. Membuat Skala Prioritas

Sumber gambar: papasemar.com

Sebelum tidur atau sesaat setelah bangun, kalau perlu Anda membuat daftar prioritas tugas yang harus dikerjakan ketika Anda beraktivitas keeseokan harinya, mulai dari yang paling penting sampai tidak penting. Fokuskan diri Anda untuk bekerja sesuai dengan urutan tersebut. Bila ada di tengah jalan hal tidak penting memaksa untuk dikerjakan, segera Anda tinggal dan kembali berfokus pada prioritas Anda.

4. Kuasai Pikiran Anda

Sumber gambar: tepoconsultancy.co.uk


Dengan rasa optimis untuk terus mengarungi hidup, Anda akan terus memiliki rasa percaya diri dan ambisi untuk terus mengejar apa yang diinginkan. Sebelum Anda menguasai banyak hal, terlebih dulu Anda harus menguasai pikiran. Setelah Anda berhasil menguasai pikiran, Anda akan mampu menguasai orang lain. Pekerjaan akan selalu dipandang positif, meskipun Anda gagal mencapai yang diinginkan. Milikilah pendirian setelah kegagalan ada kesuksesan yang tertunda, asal Anda tidak berhenti untuk terus berusaha.

5. Aktif Mengembangkan Diri

Sumber gambar: blogpengembangandiri.com

Anda boleh saja merasa puas dengan apa yang sudah Anda capai berupa penghasilan yang Anda dambakan. Namun jangan lupa untuk terus menggali potensi melalui perkumpulan dalam suatu komunitas atau membaca buku pengembangan diri. Akan ada suatu titik di mana Anda ingin mendapat lebih. Terus mempelajari banyak hal akan semakin mematangkan wawasan Anda terhadap dunia luar.

6. Memiliki Rasa Empati 

Sumber gambar: lifestyle.sindonews.com

Mungkin Anda adalah seorang yang disiplin, berbakat, dan pintar melakukan pekerjaan yang Anda geluti. Namun bila Anda kurang peduli dan kurang peka terhadap lingkungan sekitar, baik itu kantor atau lingkungan masyarakat Anda, hanya fokus pada kesibukan sendiri, Anda tidak akan mampu berkembang karena Anda tidak memiliki rasa empati. Sosialisasi merupakan cara yang jitu untuk menumbuhkan kepekaan Anda terhadap kondisi sekitar.

Demikianlah kebiasaan sederhana yang bisa menuntun Anda untuk sukses. Lakukan secara perlahan dalam bidang yang Anda geluti, maka kesuksesan akan semakin mendekati Anda. Salam sukses!

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Kebiasaan Sederhana yang Bisa Menuntun Anda untuk Sukses"

Posting Komentar